Jumat, 24 Januari 2014

Princess Disney


Princess adalah gambaran dari seorang wanita cantik dan dengan kepribadian yang baik. dalam cerita dongeng biasanya seorang princess akan menikah dan hidup bahagia dengan pangeran tampan.salah satu cerita princess yang terkenal adalah princess disney.

1. Princess Ariel



Diambil dari cerita hasil karya Hans Christian Andersen, karakter Ariel si putri duyung ini memang sedikit berbeda dengan putri yang lain. Pasalnya, dalam film animasi Disney tahun 1989, The Little Mermaid, Ariel digambarkan sedikit bandel sehingga ia berani meninggalkan laut dan mencoba kehidupan di atas sebagai manusia. Rambut merah Ariel tebal dan panjang. Poninya menyembul ke depan. Mata besarnya berwarna biru laut kehijauan. Badannya cukup mungil dan langsing. Bibirnya merah. Ariel adalah salah satu di antara dua putri Disney yang berambut merah.


2. Princess Belle


Belle sangat cantik. Dia memiliki rambut cokelat, panjang, sering diikat dalam bentuk low ponytail. Matanya cokelat dan pipinya berwarna agak-agak seperti mawar. Di film Beauty and the Beast, Belle memakai bermacam-macam pakaian. Pakaiannya yang paling dikenali adalah gaun pestanya yang berwarna kuning (pernak-pernik) atau emas (film) dengan sarung tangan berwarna senada dan model atasannya memiliki bahu off-shoulder. Rambutnya ditata menjadi up-do yang bagus dengan sebagian rambutnya dibiarkan tergerai. Pakaiannya yang kedua adalah pakaiannya waktu dia menjadi penduduk di desanya. Dia memakai atasan warna biru dengan kerah dan lengan putih, rok biru, celemek putih, rambut diikat ke bawah dengan pita biru dan sepatu hitam. Ini menjadi hal unik di film Beauty and the Beast waktu adegan menyanyi lagu pertama, berjudul "Belle", dimana dia adalah satu-satunya penduduk desa yang memakai pakaian warna biru, sementara para penduduk lainnya memakai pakaian warna merah, oranye, kuning, hijau, dan cokelat.

Meskipun Belle sangan cantik, dia kurang peduli terhadap penampilannya. Ironisnya, dia sangat peduli terhadap pendapat dan pemikiran para penduduk desa yang menganggapnya "aneh". Belle juga memiliki tingkat intelijensi yang sangat tinggi, karena hobinya membaca buku selama bertahun-tahun, hal itu juga membekalinya dengan kata-kata vocabulary yang sangat luas, imajinasi yang aktif, dan pikiran terbuka. Belle juga sangat percaya diri, dan selalu membicarakan pendapatnya. Belle tidak suka diperlakukan tidak adil, diremehkan, dikendalikan oleh pria mana pun, terutama Gaston.

3. Princess Marida 


Merida adalah tokoh fiksi dari film tahun 2012 produksi Disney Pixar Brave. Merida menjadi princess ke sebelas dari Disney Princess dan merupakan putri pertama Pixar. Merida adalah anak pertama penguasa Don Bruch - Raja Fergus dan istrinya, Ratu Elinor. Merida sangat menyukai memanah dan kehidupan liar, sangat berbeda dari ibunya yang rapi, teratur, anggun, dan bertata krama. Merida menyukai petualangan dan alam bebas. Hobinya memanah di hutan dan berkuda dengan kudanya, Angus. Merida mempunyai rambut merah tebal keriting yang tak teratur sehingga dia menjadi Disney Princess kedua yang berambut merah setelah Ariel. Matanya berwarna biru muda. Kulitnya kemerahan muda.

4. Princess Snow White


Snow White adalah tokoh fiksi dan tokoh utama dari film animasi pertama Walt Disney, Snow White and the Seven Dwarfs. Dia juga dianggap sebagai anggota pertama dari kelompok Disney Princess. Snow White ditampilkan sangat baik hati, polos, dan ceria. Snow White tidak pernah marah bahkan pada Ratu Jahat. Snow White dekat dengan binatang-binatang. Dia juga ramah, rajin, dan agak pemalu. Snow White gemar menyanyi dan memasak. Snow White peduli pada orang tua, walau nenek tersebut ternyata jahat. Snow White bisa membuat orang-orang menyukainya, seperti Grumpy yang tidak tahan untuk tidak menyukainya. Snow White juga merupakan Disney Princess yang paling lembut dan paling manis dan satu-satunya yang pernah berdoa. Snow White mempunyai "bibir semerah mawar, rambut sehitam eboni, kulit seputih salju" seperti yang dikatakan cermin ajaib milik Ratu Jahat. Meskipun tidak pernah disebutkan, umur Snow White adalah empat belas tahun. Snow White juga merupakan Disney Princess yang paling pendek.






Referensi:

Legenda: Dewi Cinta

Dalam cerita legenda di beberapa Negara, ada dewa dan dewi yang dipuja karena dipercaya memiliki kekuatan dan kemampuan mewujudkan sesuatu. Salah satu yang paling dipuja adalah dewi cinta karena dewi ini konon katanya bisa menyatukan cinta pasangan manusia. Nah, berikut beberapa dewi cinta yang kehebatannya sudah melegenda.

1. Aphrodite

   

Aphrodite adalah Dewi cinta dan kecantikan dari legenda Yunani kuno ini sering disebut-sebut sebagai dewi tercantik di negeri para dewa, Olympus. Dewi yang memiliki singgasana dari kulit kerang ini dikenal handal dalam membantu manusia menemukan cinta sejati. Salah satu yang sukses ditolongnya adalah Hippomenes, pangeran kota Onkhestos yang berusaha memenangkan kompetisi mempersebutkan cinta Atalanta, putri Raja Iasus. Aphrodite memberikan apel emas kepada Hippomenes agar dia bisa mengalahkan Atalanta dalam lomba lari.    

2. Hathor


Hathor adalah dewi cinta, kecantikan dan kesuburan dalam kepercayaan Mesir kuno. Dewi Hathor juga dianggap sebagai ibu dari para dewi Mesir. Karena itu dia sangat dipuja dan dihormati sebagai pelindung para ibu. Keseluruhan tubuh Hathor menunjukkan posisi penting yang dia lambangkan. Tanduk dan matahari di atas kepalanya menunjukan kalau dia adalah ibu dari para pemimpin (pharaoh). Sepasang tangan dan kakinya yang berbentuk tegap melambangkan pilar penopang dunia, seperti ibu yang menopang keluarga. 

3. Freya


Dalam legenda Eropa kuno atau bangsa Viking, dewi Freya sangat dihormati sebagai lambang cinta dan kecantikan. Cewek-cewek Eropa kuno sering memohon kepada dewi yang wajahnya mempesona seperti peri ini agar mau memberikan sedikit kecantikannya kepada mereka. Tapi, yang bikin Freya sangat dipuja adalah karena dewi ini dipercaya mampu melindungi para prajurit Viking yang sedang berperang sehingga bisa kembali ke keluarga mereka. Makanya saat suaminya sedang berperang, para istri selalu berdoa ke kuil dewi Freya.   






Referensi:

Kamis, 23 Januari 2014

Pengaruh Pemanfaatan Multi Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Tahun Pelajaran 2009/2010





BAB I


I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pelajaran bahasa Indonesia pada umumnya tidak dianggap oleh siswa sebagai pelajaran yang sukar. Para siswa tidak pernah mengategorikan sebagai momok seperti halnya Pelajaran Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, dan lain-lain. Tetapi pada kenyataannya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia tidak lebih baik dari mata pelajaran yang dianggap sukar dan sebagai momok bagi siswa. Permasalahan ini muncul bukan hanya karena kemampuan dan motivasi belajar siswa yang kurang, tetapi juga faktor lingkungan belajar yang kurang mendukung. Dalam hal ini kreativitas guru bahasa Indonesia dalam mengelola pembelajaran mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Berdasarkan  permasalahan-permasalahan di atas, guru sebagai pengelola pembelajaran harus mengemas pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi siswa. Pembelajaran akan memiliki makna, jika pembelajaran yang dikemas guru dapat dinikmati oleh siswa dan dapat memotivasi siswa. Setya Yuwana Sudikan (2004: 2) menegaskan, mengajar adalah menata lingkungan agar pembelajar termotivasi dalam menggali makna serta menghargai ketidak seragaman. Pada saat ini di sekolah telah mulai diperkenalkan pemanfatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dalam proses pembelajaran setidaknya TIK menempati tiga peranan, yakni sebagai konten pembelajaran (standar kompetensi), sebagai media pembelajaran, dan sebagai alat belajar.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran menunjang efektivitas dan efesiensi proses pembelajaran. Penelitian tersebut antara lain dilakukan oleh Francis M. Drawer. Hasil penelitian ini antar lain menyebutkan bahwa setelah lebih dari tiga hari pada umumnya manusia dapat mengingat pesan yang disampaikan melalui tulisan sebesar 10%, pesan audio 10%, visual 30%, audio visual 50%, dan apabila ditambah dengan melakukan, maka akan mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka multi media pembelajaran berbasis TIK dapat dikatakan sebagai media yang mempunyai potensi yang sangat besar dalam membantu proses pembelajaran.

Multi media telah mengalami perkembangan konsep sejalan dengan perkembangan teknologi pembelajaran. Ketika teknologi komputer belum dikenal, konsep multi multimedia sudah dikenal yakni dengan mengintegrasikan berbagai unsur media, seperti: cetak, kaset, audio, video, dan slide suara. Unsur-unsur tersebut dikemas dan dikombinasikan untuk menyampaikan suatu topik  materi pelajran tertentu. Pada konsep ini, setiap unsur media dianggap mempunyai kekuatan dan kelemahan. Kekuatan salah satu unsur media dimanfaatkan untuk mengatasi kelemahan media lainnya.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat pesat telah membawa perubahan besar pada segala bidang, termasuk bidang pendidikan. Bila dimanfaatkan dengan tepat, maka TIK dapat meningkatkan mutu pendidikan. Tulisan ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong para warga sekolah dalam mengembangkan dan memanfaatkan TIK, khususnya multi media pembelajaran. Pada hakikatnya tujuan dasar perlunya multi media pembelajaran adalah untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses pembelajaran. Indikator yang harus dipenuhi, yakni mencakup aspek desain pembelajaran, aspek rekayasa perangkat lunak, dan aspek komunikasi visual.

B.    Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, masalah-masalah dalam penelitian ini  dapat diidentifikasi sebagai berikut.
1. Perlunya pengembangan kreativitas guru bahasa Indonesia dalam mengelola pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
2. Banyak metode yang dapat digunakan guru bahasa Indonesia dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
3. Perlunya terus-menerus pengayaan wawasan pengetahuan siswa, sebab pengetahuan yang luas merupakan ”modal” dalam meningkatkan hasil belajar.
4. Pemanfaatan multi media pembelajaran berbasis TIK merupakan salah satu cara untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik.
5. Pemanfaatan multi media pembelajaran berbasis TIK merupakan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
6. Pemanfaatan multi media pembelajaran berbasis TIK merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

C.    Pembatasan Masalah

Mengingat masalah yang tercakup dalam penelitian ini sangat luas maka penulis membatasinya sebagai berikut.
1. Objek penelitan ini adalah bagaimana pengaruh pemanfaatan multi media pembelajaran berbasis TIK terhadap motivasi belajar siswa.
2. Objek penelitan ini adalah bagaimana pengaruh pemanfaatan multi media pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar siswa.
3. Materi pembelajaran bahasa Indonesia yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pada pembelajaran menulis narasi.
4. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Harapan Bangsa

D.    Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi masalah, dan pembatasan    masalah tersebut di atas maka dapat ditentukan rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut.
1. Bagaimana pengaruh pemanfaatan multi media pembelajaran berbasis TIK terhadap motivasi belajar menulis narasi bagi siswa.
2. Bagaimana pengaruh pemanfaatan multi media pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar menulis narasi bagi siswa.

E.    Tujuan Penelitian

Sesuai dengan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut.
1. Mengetahui pengaruh pemanfaatan multi media pembelajaran berbasis TIK terhadap motivasi belajar menulis narasi bagi siswa.
2. Mengetahui pengaruh pemanfaatan multi media pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar menulis narasi bagi siswa.

F.    Manfaat Penelitian

Penulisan  proposal penelitian dengan judul ”Pengaruh Pemanfaatan Multi Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Tahun Pelajaran 2009/2010” ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai berikut.
1. Menumbuhkan minat dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar yang diharapkan.
2. Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.
3. Mengenalkan kepada para guru dalam memanfaatkan Multi Media Pembelajaran Berbasis TIK untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran menulis narasi.
4. Memberikan sumbang saran dalam memecahkan persoalan pembelajaran, khususnya upaya menumbuhkan kemampuan berpikir secara logis
5. Mendorong terlaksananya proses pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan yang dapat mendukung tercapainya tujuan kegiatan pembelajaran.
6. Guru dapat berkembang secara profesional karena dapat menunjukkan  bahwa ia mampu memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya, khususnya pada pelajaran menulis narasi.
7. Guru mendapat kesempatan untuk berperan aktif mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan.
8. Membantu sekolah untuk berkembang karena adanya peningkatan /kemajuan pada diri guru dan pendidikan di sekolah tersebut.



BAB II


II. LANDASAN TEORI/ KAJIAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS PENELITIAN

A.    Landasan Teori

1. Multi Media Pembelajaran

Multi media adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri atas teks, grafis, gambar, foto, audio, video, dan animasi secara terintegrasi. Multi media terbagi menjadi dua kategori, yaitu, multi media linier dan multi media interaktif. Multi media linier adalah suatu multi media yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multi media ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya, TV dan film. Multi media interaktif adalah suatu multi media yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multi media interaktif adalah multi media pembelajaran interaktif, aplikasi game, dan lain-lain.
Adapun penjelasan makna dari kata media menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1) Menurut Gagne, media adalah berbagai jenis komponen pada lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa belajar.
2) Pendapat Briggs, media adalah segala alat fisik yang menyajikan pesan serta dapat merangsang siswa untuk belajar.

Pembelajaran adalah suatu upaya bimbingan bagi siswa agar secara sadar siswa mempunyai keinginan untuk belajar sebaik-baiknya sesuai dengan tahapan kemampuannya. Jadi pengertian dari Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan siswa yang digunakan sebagai alat bantu untuk menyampaikan pesan dalam proses belajar sehingga siswa teransang minat dan perhatiannya untuk belajar.
Pada proses pembelajaran, media pembelajaran berguna untuk memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbal yang hanya dengan kata-kata tertulis dan penjelasan lisan, mengatasi keterbatasan ruang dan waktu serta daya indera, membuat siswa lebih aktif dan mengurangi sifat pasifnya, mengakomodir perbedaan individu siswa, dan membuat pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan.

Peranan Media pembelajaran menurut Gerlac dan Ely (1971: 285) ditegaskan bahwa ada tiga keistemewaan yang dimiliki media pembelajaran yaitu: 
1) Media memiliki kemampuan untuk menangkap, menyimpan dan menampilkan kembali suatu objek atau kejadian, 
2) Media memiliki kemampuan untuk menampilkan kembali objek atau kejadian dengan berbagai macam cara disesuaikan dengan keperluan.
3) Media mempunyai kemampuan untuk menampilkan sesuatu objek atau kejadian yang mengandung makna.

2. Manfaat Multi Media Pembelajaran

Multi media pembelajaran akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi para guru dan siswa, apabila multi media pembelajaran dipilih, dikembangkan, dan digunakan secara tepat dan baik. Secara umum manfaat yang bisa di peroleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar sisiwa dapat ditingkatkan, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.

Manfaat tersebut di atas dapat diperoleh mengingat terdapat keunggulan dari sebuah multi media pembelajaran, yaitu; (1) memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain. (2) Memperkecil benda yang besar, yang tidak mungkin didatangkan ke sekolah. (3) menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit, dan berlangsung cepat atau lambat. (4) Menyajikan peristiwa yang tidak mungkin dilaksakan karena akan memakan biaya yang besar. (5) Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh. (6) Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya.(7) Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa. Dan masih banyak lagi.

3. Proses Kreatif dalam Menulis

Menulis merupakan suatu proses kreatif  yang banyak melibatkan cara berpikir divergen (menyebar) daripada konvergen (memusat) (Supriadi, 1997: 26). Menulis tidak ubahnya dengan melukis. Penulis memiliki banyak gagasan dalam menuliskannya. Kendatipun secara teknis ada kriteria-kriteria yang dapat diikutinya, tetapi wujud yang akan dihasilkan itu sangat bergantung pada kepiawaian penulis dalam mengungkapkan gagasan.

Banyak orang mempunyai ide-ide bagus di benaknya sebagai hasil dari pengamatan, penelitian, diskusi, atau membaca. Akan tetapi, begitu ide tersebut dilaporkan secara tertulis, laporan itu terasa amat kering, kurang menggigit, dan membosankan. Fokus tulisannya tidak jelas, gaya bahasa yang digunakan monoton, pilihan katanya (diksi) kurang tepat dan tidak mengena sasaran, serta variasi kata dan kalimatnya kering.

Sebagai proses kreatif yang berlangsung secara kognitif, penyusunan sebuah tulisan memuat empat tahap, yaitu (1) tahap persiapan (prapenulisan), (2) tahap inkubasi, (3) tahap iluminasi, dan (4) tahap verifikasi/evaluasi. Keempat proses ini tidak selalu disadari oleh para pembelajar bahasa Indonesia sebagai bahasa asing. Jika dilacak lebih jauh lagi, hampir semua proses menulis (esai, opini/artikel, karya ilmiah, artistik, atau bahkan masalah politik sekali pun) melalui keempat tahap ini. Harap diingat, bahwa proses kreatif tidak identik dengan proses atau langkah-langkah mengembangkan laporan tetapi lebih banyak merupakan proses kognitif atau bernalar.

Pertama, tahap persiapan atau prapenulisan adalah ketika pembelajar menyiapkan diri, mengumpulkan informasi, merumuskan masalah, menentukan fokus, mengolah informasi, menarik tafsiran dan inferensi terhadap realitas yang dihadapinya, berdiskusi, membaca, mengamati, dan sebagainya yang memperkaya masukan kognitif yang akan diproses selanjutnya.

Kedua, tahap inkubasi adalah ketika pembelajar memproses informasi yang dimilikinya sedemikian rupa sehingga mengantarkannya pada ditemukannya pemecahan masalah atau jalan keluar yang dicarinya. Proses inkubasi ini analog dengan ayam yang mengerami telurnya sampai telur menetas menjadi anak ayam. Proses ini seringkali terjadi secara tidak disadari, dan memang berlangsung dalam kawasan bawah sadar (subconscious) yang pada dasarnya melibatkan proses perluasan pikiran (expanding of the mind). Proses ini dapat berlangsung beberapa detik sampai bertahun-tahun. Biasanya, ketika seorang penulis melalui proses ini seakan-akan ia mengalami kebingungan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Oleh karena itu, tidak jarang seorang penulis yang tidak sabar mengalami frustrasi karena tidak menemukan pemecahan atas masalah yang dipikirkannya. Seakan-akan melupakan apa yang ada dalam benak kita. Berekreasi dengan anggota keluarga, melakukan pekerjaan lain, atau hanya duduk termenung. Kendatipun demikian, sesungguhnya di bawah sadar sedang mengalami proses pengeraman yang menanti saatnya untuk segera “menetas”.

Ketiga, tahap iluminasi adalah ketika datangnya inspirasi atau insight, yaitu gagasan datang seakan-akan tiba-tiba dan berloncatan dari pikiran. Pada saat ini, apa yang telah lama dipikirkan menemukan pemecahan masalah atau jalan keluar. Iluminasi tidak mengenal tempat atau waktu. Ia bisa datang ketika duduk di kursi, sedang mengendarai mobil, sedang berbelanja di pasar atau di supermarket, sedang makan, sedang mandi, dan sebagainya.

Jika hal-hal itu terjadi, sebaiknya gagasan yang muncul dan amat dinantikan itu segera dicatat, jangan dibiarkan hilang kembali sebab momentum itu biasanya tidak berlangsung lama. Tentu saja untuk peristiwa tertentu, menuliskannya setelah selesai melakukan pekerjaan. Seringkali orang menganggap iluminasi ini sebagai ilham. Padahal, sesungguhnya ia telah lama atau pernah memikirkannya. Secara kognitif, apa yang dikatakan ilham tidak lebih dari proses berpikir kreatif. Ilham tidak datang dari kevakuman tetapi dari usaha dan ada masukan sebelumnya terhadap referensi kognitif seseorang.

Keempat, tahap terakhir, yaitu verifikasi, apa yang dituliskan sebagai hasil dari tahap iluminasi itu diperiksa kembali, diseleksi, dan disusun sesuai dengan fokus tulisan. Mungkin ada bagian yang tidak perlu dituliskan, atau ada hal-hal yang perlu ditambahkan, dan lain-lain. Mungkin juga ada bagian yang mengandung hal-hal yang peka, sehingga perlu dipilih kata-kata atau kalimat yang lebih sesuai, tanpa menghilangkan esensinya. Jadi, pada tahap ini menguji dan menghadapkan apa yang ditulis itu dengan realitas sosial, budaya, dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.

4. Pembelajaran Menulis dengan Baik

Di dalam pembelajaran menulis siswa tidak dapat dibawa langsung pada kegiatan inti. Pengetahuan tentang ciri-ciri tulisan yang baik perlu ditanamkan pada siswa terlebih dalam dahulu. Sebuah tulisan selalu terdiri atas dua unsur penting, yaitu bentuk dan isi. Bentuk berkenaan dengan bahasa, sedangkan isi berkaitan dengan materi yang dikandung dalam tulisan, apapun jenis tulisannya.
Ditinjau dari dua aspek tersebut, Nursisto (2000: 47) mengemukakan beberapa ciri tulisan yang baik, sebagaimana diuraikan di bawah ini.

a. Berisi hal-hal yang bermanfaat.
Tulisan yang bisa memenuhi kebutuhan pembaca akan mendapat penghargaan masyarakat. Sangat mungkin tulisan itu tidak begitu mendalam, tetapi memberikan manfaat langsung bagi pembaca.

b. Pengungkapan jelas.
Pengungkapan yang jelas dapat ditandai dengan mudahnya sebuah tulisan dicerna oleh pembaca. Dengan pengungkapan yang semakin jelas, sebuah tulisan akan semakin mudah untuk diikuti. Faktor pendukung utamanya adalah pilihan kata (diksi), ketepatan struktur kalimat, akuratnya pilihan kata-kata penghubung, pengorganisasian ide yang padu, kesesuaian menentukan contoh-contoh, ilustrasi, dan masih banyak lagi. Pengungkapan yang jelas tidak akan membingungkan pembaca karena permasalahan yang dibicarakan dalam karangan dapat dipahami oleh pembaca secara tepat dan benar.

c. Penciptaan kesatuan dan pengorganisasian.
Tulisan yang mampu menciptakan kesatuan dan sekaligus terorganisasi dengan baik ditandai oleh mudahnya pembaca memahami tulisan. Sebaiknya tulisan langsung menjelaskan inti permasalahan dan tidak berbelit-belit. Perpindahan pembahasan dari satu masalah ke masalah yang lain berlangsung secara mulus tanpa menimbulkan kesenjangan. Tiap kalimat dapat mendukung ide utama paragraf. Setiap kali ditambahkan kalimat baru, kalimat tersebut masih berdaya dukung terhadap kalimat sebelumnya.

d. Efektif dan efisien.
Yang dimaksud dengan efektif dan efisien adalah pengungkapan suatu maksud dengan mengutamakan efesiensi dan efektifitas, yaitu dalam menggunakan kalimat dan kata-kata yang ringkas, namun dapat menjangkau makna yang luas.

e. Ketepatan penggunaan bahasa.
Tulisan yang baik juga ditentukan oleh penggunaan bahasa. Penggunaan bahasa yang baik dan benar akan meningkatkan bobot tulisan. Hal yang tercakup di dalamnya adalah kesanggupan penulis untuk memnuhi berbagai kaidah berbahasa Indonesia secara tepat. Pembentukan kata, penyusunan kelompok kata, penyusunan kalimat, serta penguasaan ejaan dan tanda baca harus memadai.

f. Terdapat variasi kalimat.
Variasi yang berkaitan dengan penggunaan bahasa dalam tulisan adalah penyusunan kalimat panjang dan pendek secara berselang-seling. Untuk menghindari penggunaan kata-kata yang sama secara berulang-ulang dengan cara mencari sinonimnya, atau menampilkan kalimat bermajas adalah cara-cara membuat variasi kalimat. Ditampilkannya kalimat retoris dapat mengundang perhatian pembaca. Ungkapan, pepatah, dan peribahasa yang ditampilkan secara tepat juga dapat menghilangkan kejenuhan. Demikian pula bila sesekali ditampilkan kata-kata bersajak dalam komposisi yang tepat dan tidak dipaksakan. Harmoni atau nuansa serasi adalah suatu hal yang di senangi oleh setiap orang.

g. Vitalitas.
Tulisan yang baik biasanya penuh tenaga dan kaya dengan potensi. Kandungan kekuatan dalam tulisan itu menjadikan pembaca merasa bahwa si penulis hadir di dalam tulisannya. Pembaca merasa seakan-akan penulis ada di dekatnya sehingga terjadi kontak dan timbul jalinan yang akrab antara pembaca dengan penulis.

h. Cermat.
Tulisan dikatakan baik, tidak terlepas dari kecermatan. Hal-hal kecil, seperti titik dan koma tidak boleh dianggap remeh dan diabaikan. Kecermatan juga sangat diperlukan ketika memilih kata maupun menyusun kalimat. Dengan kecermatan itu, tulisan yang di susun akan semakin baik dan terhindar dari kekurangan.

i. Objektif.
Menulis adalah mengungkapkan sesuatu secara jujur, tidak terdapat muatan emosi, dan realistis. Pengungkapan harus runtut dan teratur. Selain itu, uraian harus mencerminkan bahwa penulis benar-benar menguasai dan menghayati permasalahan yang diuraikannya.

5. Hasil Belajar Siswa

Hasil belajar seseorang ditentukan dari berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Hasil belajar terbentuk dari dua kata yaitu ‘hasil’ dan ‘belajar’ yang masing-masing kata tersebut mengandung arti. Hasil menunjukan pada suatu perolehan akibat dilakukannya suatu aktivitas atau proses yang merubah fungsi awalnya. Dalam suatu input-proses-hasil, hasil dapat jelas dibedakan dengan input akibat dari perubahan oleh proses. Begitu pun pada kegiatan belajar mengajar, setelah belajar siswa berubah perilakunya dibanding sebelumnya.

Adapun makna belajar menurut Grounlund (1985: 25), adalah proses dalam diri individu yang berinteraksi dengan lingkungan untuk mendapatkan perubahan dalam perilakunya. Perubahan itu diperoleh melalui usaha (bukan karena kematangan), menetap dalam waktu yang relatif lama dan merupakan hasil pengalaman. Belajar dilakukan untuk mengusahakan adanya perubahan perilaku pada individu yang belajar. Perubahan perilaku itu merupakan perolehan yang menjadi hasil belajar. Hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya (Winkel, 1999: 51). Aspek perubahan itu mengacu kepada taksonomi tujuan pengajaran yang dikembangkan oleh Benjamin S. Bloom, E. Simpson dan A. Harrow (Winkel,1999: 244) yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

B. Kerangka Berpikir

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang paling tinggi tingkat kesulitannya dibandingkan dengan keterampilan-keterampilan berbahasa yang lain, yaitu mendengarkan, berbicara, dan membaca. Untuk itu, penelitian ini  menitikberatkan pada keterampilan menulis. Untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran menulis perlu  adanya motivasi yang tinggi. Tindakan kreatif guru bahasa Indonesia dalam mengemas dan menyajikan materi pembelajaran bahasa Indonesia khususnya menulis penting dilakukan, supaya pembelajaran lebih bermakna, menarik, mudah dipahami, dan dapat membangun kreativitas siswa, dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan pemanfaatan Multi Media Pembelajaran Berbasis TIK.

C. Hipotesis Penelitian

Kegiatan menulis narasi mempunyai peranan penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Melalui menulis narasi siswa tidak semata-mata dilatih menulis, tetapi secara utuh siswa juga belajar keterampilan berbahasa Indonesia.  Siswa dapat menulis narasi dengan baik jika memiliki wawasan pengetahuan yang luas, kepekaan batin, dan daya imajinasi yang tinggi. Wawasan itu dapat diperoleh melalui proses membaca, mendengarkan, maupun melalui komunikasi lisan (berbicara).

Pembelajaran keterampilan menulis mempunyai tujuan praktis. Siswa dapat menerapkan materi dalam bentuk tulisan, bukan sekadar teori yang mudah dilupakan. Keterampilan menulis sangat diperlukan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa secara kompleks yang berguna dalam mengembangkan kecakapan hidup . Oleh karena itu, diharapkan setelah siswa lulus SMA mempunyai keterampilan menulis yang memadai.

Berdasarkan uraian di atas hipotesis yang dapat dirumuskan adalah:
1) Dengan pemanfaatan multi media pembelajaran berbasis TIK dapat bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di SMA Tahun Pelajaran 2009/2010.
2) Dengan pemanfaatan multi media pembelajaran berbasis TIK dapat bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di SMA Tahun Pelajaran 2009/2010.




BAB III


III. METODE PENELITIAN

A. Tempat dan Waktu  Penelitian

1. Tempat Penelitian.
Penelitian terhadap pengaruh pemanfaatan multi media pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar siswa ini dilaksanakan di SMA Harapan Bangsa.

2. Waktu Penelitian.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2009/2010 , tepatnya pada bulan September 2009.

B. Metode dan Desain Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Peneliti melakukan survey ke SMA Harapan bangsa yang menjadi objek penelitian lalu melakukan analisis terhadap hasil belajar siswa yang diakibatkan oleh proses pembelajaran. Analisis ini mencakup observasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa.

C. Populasi, Sampel, dan Teknik Pengambilan Sampel

Populasi dan wilayah generalisasi penelitian ini adalah siswa SMA Harapan Bangsa Tahun Pelajaran 2009/ 2010. Dalam penelitian ini seluruh populasi yang telah disebutkan akan diteliti seluruhnya atau seluruh populasi akan menjadi sampel total (sensus). Jadi dalam penelitian ini mengambil sampel semua siswa sebanyak 360 siswa.

D. Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian

Pada penelitian ini, instrumen yang akan digunakan dalam pengumpulan data adalah penggunaan qoessioner atau angket. Angket ini berisi pertanyaan pertanyaan yang harus dijawab oleh subjek penelitian yang telah ditetapkan sebagai sampel penelitian. Angket ini diperlukan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan pemanfaatan multi media pembelajaran berbasisi TIK.

E. Analisis Data

Dalam penelitian ini kegiatan analisis data dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data di lapangan. Dari data yang terkumpul kemudian dianalis dengan cara (1) mereduksi data, (2) display data, (3) kesimpulan dan verivikasi.







Referensi:

Rabu, 22 Januari 2014

Favorite: Song of the Week

The Monster - Eminem feat. Rihanna

Released by: Universal Music Indonesia

Agak susah menciptakan kolaborasi sekuel dengan taraf sukses yang serupa. Jennifer Lopez bekerja keras untuk ini, berusaha mewujudkan kolaborasi lanjutannya dengan Pitbull se-happening ‘On The Floor’. Nelly dan Kelly Rowland malah kewalahan saat kolaborasi kedua mereka tak ada apa-apanya dibanding ‘Dilemma’. Bukan sekedar keberuntungan yang hinggap pada Eminem dan Rihanna, yang ternyata masih jitu dengan kolaborasi sekuel mereka, ‘The Monster‘. Masih ada excitement dengan jumlah yang sama dengan ‘Love The Way You Lie’ dulu, sehingga kedua pun bisa menikmati level sukses serupa.

Ironi seringnya berkonotasi negatif. Penggunaannya pada kalimat sebaliknya justru menimbulkan makna yang kurang tepat. Well, sebutlah anti-ironi yang terjadi pada ‘The Monster’. Rihanna punya bagian lirik yang gamblang menceritakan tentang keakrabannya dengan sisi negatif dirinya, dan Eminem pun sibuk membeberkan mengenai efek buruk dari ketenarannya. Seluruh kejelekan itu justru menaburkan kebaikan sebagai respon yang diterima single ini: menyeruak ke puncak chart, berdegup keras di airplay, berputar ulang di channel video, dan pastinya akan menjadi unggulan kuat untuk awarding. That’s the anti-ironi. Hukum tabur tuai tak berlaku disini.

Frequency dan Aalias membantu di departemen produksi single ini. Nuansa yang mereka ciptakan inventif; mediasi lirik dan musik. Penyandingan beat yang condong ke cepat dengan tipe lirik yang menjorok pada kondisi kelam menciptakan kualitas eksentrik. Ini adalah karya pertama mereka yang menguap ke permukaan, sehingga sebesar-besarnya pencapaian yang Em dan Rih jangkau dengan single ini, hikmah yang lebih dahsyat justru yang diperoleh oleh the man behind the curtain. Ini bisa jadi peringatan awal akan kehadiran mereka. Em dan Rih sudah pernah membuat Alex Da Kid naik daun, dan efek serupa bisa jadi menghidupkan kisah sukses pada produser selanjutnya.


LYRIC

[Hook - Rihanna:]
I’m friends with the monster that’s under my bed
Get along with the voices inside of my head
You’re trying to save me, stop holding your breath
And you think I’m crazy, yeah, you think I’m crazy

[Verse 1 - Eminem:]
I wanted the fame, but not the cover of Newsweek
Oh, well, guess beggars can’t be choosey
Wanted to receive attention for my music
Wanted to be left alone in public. Excuse me
For wanting my cake and eat it too, and wanting it both ways
Fame made me a balloon ’cause my ego inflated
When I blew; see, but it was confusing
‘Cause all I wanted to do is be the Bruce Lee of loose leaf
Abused ink, used it as a tool when I blew steam (wooh!)
Hit the lottery, oh wee
But with what I gave up to get was bittersweet
It was like winning a used me
Ironic ’cause I think I’m getting so huge I need a shrink
I’m beginning to lose sleep: one sheep, two sheep
Going cuckoo and cooky as Kool Keith
But I’m actually weirder than you think
‘Cause I’m

[Hook - Rihanna:]
I’m friends with the monster that’s under my bed
Get along with the voices inside of my head
You’re trying to save me, stop holding your breath
And you think I’m crazy, yeah, you think I’m crazy

Well, that’s nothing
Well, that’s nothing

[Verse 2 - Eminem:]
No, I ain’t much of a poet but I know somebody once told me
To seize the moment and don’t squander it
‘Cause you never know when it all could be over tomorrow
So I keep conjuring, sometimes I wonder where these thoughts spawn from
(Yeah, ponder it, do you want this?
It’s no wonder you’re losing your mind, the way it wanders)
Yo-lo-lo-lo-yee-whoo
I think you’ve been wandering off down yonder
And stumbled onto Jeff VanVonderen
‘Cause I need an interventionist
To intervene between me and this monster
And save me from myself and all this conflict
‘Cause the very thing that I love’s killing me and I can’t conquer it
My OCD is conking me in the head
Keep knocking, nobody’s home, I’m sleepwalking
I’m just relaying what the voice in my head’s saying
Don’t shoot the messenger, I’m just friends with the

[Hook - Rihanna:]
I’m friends with the monster that’s under my bed
Get along with the voices inside of my head
You’re trying to save me, stop holding your breath
And you think I’m crazy, yeah, you think I’m crazy

Well, that’s nothing
Well, that’s nothing

[Verse 3: Eminem]
Call me crazy, but I had this vision
One day that I’d walk amongst you a regular civilian
But until then drums get killed and I’m coming straight at
MCs, blood get spilled and I
Take it back to the days that I get on a Dre track
Give every kid who got played that
Pumped up feeling and shit to say back
To the kids who played ‘em
I ain’t here to save the fucking children
But if one kid out of a hundred million
Who are going through a struggle feels and then relates that’s great
It’s payback, Russell Wilson falling way back
In the draft, turn nothing into something, still can make that
Straw into gold chump, I will spin Rumpelstiltskin in a haystack
Maybe I need a straight jacket, face facts
I am nuts for real, but I’m okay with that
It’s nothing, I’m still friends with the

[Hook - Rihanna:]
I’m friends with the monster that’s under my bed
Get along with the voices inside of my head
You’re trying to save me, stop holding your breath
And you think I’m crazy, yeah, you think I’m crazy
[x2]

Well, that’s nothing
Well, that’s nothing








Referensi:
https://www.youtube.com

Membuat form Login PHP dengan Dreamweaver tanpa Coding

Form login dengan dreamweaver dan database php myadmin dengan metode Layout design sangatlah mudah, disini anda membutuhkan
 1. Salah satu software Macromedia Dreamweaver Mx,CS3,CS5,CS6
2. Database phpmyadmin atau Xampp.
3. Laptop / PC
4. Doa

Kita mulai dengan membuat database dari phpmyadmin dengan rincian sebagai berikut :
Nama database  = Login
Nama tabel        = Admin
Jumlah field        = 3
Field name         = ID ( Varchar ) ( 10 )
Field name         = Nama ( Text ) ( 20 )
Field name         = Password ( Text ) ( 20 )

Silahkan lihat gambar untuk lebih detailnya :



lalu klik save.

sekarang kita buka dreamweaver masing-masing, dan buat file baru dan simpan dengan format login.php setelah itu kita buat Site terlebih dahulu , jika belum tau caranya klik disini . Apabila site sudah di buat, maka tahap selanjutnya membuat koneksi . INGAT kita tidak melakukan coding atau listing di form login.php ini  ikuti langkah - langkah seperti gambar di bawah ini, kita mulai ....

1. Buat file php baru dengan nama login.php dan berhasil.php


2. Buat recordset baru di login.php Insert-application object-recordset.


3. Buat koneksi baru klik define dan isi kotak connection name, sql server, user name, password sesuai gambar di bawah . Dan select database name yang sudah di buat sebelumnya.


4. koneksi telah selesai, silahkan lihat gambar di bawah.


5. masih di login.php sekarang buat form . insert-form-form.

6. lalu buat table Inser-table.


7. Isi kriteria table seperti gambar di bawah.


8. di baris ketiga kita akan merge cell , blok table di baris ketiga dan klik kanan lalu pilih table-merge cells.


9. Lalu kita buat text field untuk nama dan password. pilih insert-form-text field.


10. maka penampakan sekarang seperti gambar di bawah .


11. lalu kita buat sinkronisasi dari database yang sudah di buat . insert-application objects-User authentication-Log in User.


12. Isi kriteria log in user seperti gambar di bawah .Buat button login dengan cara insert-form-button . Dan ganti nama label button tersebut menjadi login.


13. silahkan tekan f12 , maka penampakannya seperti gambar di bawah.


Done...! XD











Referensi:
http://www.dehidentrik.com

Aries Women: Karakter dan Sifat



Wanita aries berpikir bahwa dunia sedang memandanginya melalui kacamata dengan bingkai kelopak bunga. Ia berpikir bahwa orang berpikir dan berbicara hanya hal baik saja mengenai dirinya, dan seringkali ia kecewa karena mengetahui bahwa mereka tidak hanya tidak benar, bahkan tidak ada, maka pada saat itu ia merasa sakit hati. Wanita aries berpikir bahwa jalannya haruslah menjadi jalan yang indah. Ia berpikir hanya mengenai hal-hal indah, maka hanya hal itulah yang ia persiapkan, dan selalu mengatur hal-hal yang baik saja untuk dirinya, dan mengaturnya sedemikian rupa seakan dia selalu berada di jalur yang pas, sebetulnya cukup sistematis. Jika tidak ada cowok dalam hidupnya, ia akan berusaha sibuk sendiri. Wanita yang nampak biasa-biasa saja ini akan berusaha mendorong dirinya untuk mencapai tujuannya. Umumnya wajahnya akan tampak langsing dan panjang, tulang pipi yang tinggi, alis yang sedikit melengkung ke atas, lebih cenderung tinggi, bibir kecil dan ia akan memiliki campuran karakter yang cukup membingungkan.

Terkadang wanita aries sangat berhati-hati dalam memilih cowok teman bergaul. Ia berpikir seakan-aakan dia memiliki CPU utama di kepalanya, dan ia dapat mengingat semua hal sejak dari masa kecilnya. Ketika ia menghadapi masalah, ia akan mengatasinya, dan akan memecahkannya dengan baik, dan bersamaan dengan itu pula menunjukkan kepada orang bahwa ia memiliki kemampuan. Dalam masa krisis, Wanita aries dapat menaruh pemikiriannya untuk memecahkan masalah dengan lebih baik jika dibandingkan dengan zodiak lainnya. Begitu ia bermaksud melakukan sesuatu, tidak akan ada yang dapat menghentikannya. Wanita dalam zodiak ini sangat berbeda dengan wanita lainnya.

Anda dapat melihat dirinya berdansa bagaikan penari striptease, atau bahkan dapat juga melihatnya seperti wanita dengan dandanan superkuno. Ia dapat menjadi orang yang menarik dan banyak pria akan tertarik padanya, atau dia dapat menjadi orang yang sangat dingin dan menjadi non-sosial. Wanita aries memilih jalannya sendiri untuk memenangkan perhatian anda. Begitu ia memilih anda, ia menuntut supaya dia dapat merasa bangga atas dirinya. "Cinta", tidak sepenting "pernikahan" baginya. Tujuan utamanya dalam hidup adalah "Keamanan" dan posisinya di mata orang lain haruslah "aman." Ia merencanakan hidupnya, dan kehidupan sosialnya untuk hidup mudah dan sangat hati-hati.

Wanita aries juga sangat artistik dan realistik, jadi jika anda bukan orang yang luar biasa, maka anda tidak akan mendapat kesempatan, karena ia menyukai ambisi dan kehidupan yang baik. Ia butuh banyak kasih sayang, tetapi ia tidak butuh dan tidak percaya cinta yang sementara dan tidak konvensional.Wanita aries ingin orang lain melihatnya sebagai manusia yang "tenang dan percaya diri."

Kamu mungkin kelihatan tidak menyukai pria karena kebebasan yang terlalu ekstrim. Namun, tidak ada yang bisa lari dari kenyataan. Kamu seorang romantis, jatuh cinta dengan cinta. Kamu mengakui cinta sebagai salah satu kesenangan kecil seseorang dalam hidup. Kamu menyukai kebebasan, selalu mencari pecinta, bukan pengasuh. Kamu idealis. Selalu menjalankan apa yang kamu inginkan. Kamu tidak ada masalah menarik perhatian para pria karena kamu selalu tahu yang harus dilakukan. Kamu tidak menguasai uang kamu dengan baik yang dapat menyebabkan masalah terhadap pria yang jatuh cinta kepadamu. Namun kamu berharga untuk setiap rupiah yang dikeluarkan kekasih kamu. 







Referensi:

Selasa, 21 Januari 2014

7 Film yang Menginspirasi Terlaris yang di Angkat dari Kisah Nyata

1.  Slumdog Millionaire 



Film ini dimulai dengan inspektur polisi (Irrfan Khan) di Mumbai, India, menginterogasi dan menyiksa Jamal Malik (Dev Patel), bekas anak jalanan dari kawasan kumuh Dharavi. Jamal adalah kontestan Who Wants to Be a Millionaire? versi India (Kaun Banega Crorepati) yang dibawakan oleh Prem Kumar (Anil Kapoor). Jamal berhasil mencapai pertanyaan terakhir, dijadwalkan diadakan besok, tetapi polisi menuduhnya curang. Pada saat diinterogasi, jamal menjelaskan bahwa setiap pertanyaan yang diajukan padanya mempunyai hubungan dengan apa yang pernah dialaminya selama ini. Dan inspektur polisi menerima penjelasan dari jamal dengan sebutan "keanehan yang masuk akal. Pada awal film ini, ketika judul ditayangkan juga terdapat tulisan "Jamal menyisakan pertanyaan terakhir, bagaimana dia melakukannya? a) dia curang b) dia beruntung c) dia jenius d) sudah ditakdirkan. Dimana pada akhir film ini anda akan mengetahui sendiri jawabannya.


2. Forrest Gump

Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama Forrest Gump yang dibesarkan oleh ibu nya dengan penuh perjuangan. Forrest sering diejek dan dijauhi oleh kawan-kawannya karena kecerdasannya yang di bawah rata-rata. Namun di luar ketidakmampuannya itu, ia memiliki kemampuan lari yang cepat. Pada hari pertama sekolahnya, ia bertemu dengan Jenny, seorang anak perempuan dekat tempat tinggalnya yang dikenalnya sejak taman kanak-kanak, tapi menjadi cinta tak berbalas. Ketika lulus SMA, ia mendaftar masuk ke militer dan dikirim ke Vietnam, di mana ia dengan segera berteman dengan seorang pria negro bernama Bubba, yang meyakinkan Forrest untuk ikut dalam bisnis udang bersamanya setelah perang usai. Forrest menjadi seorang yang sangat berjasa dalam peletonnya dengan kemampuan lari cepatnya. Ia menjadi penyelamat banyak tentara yang terluka dan juga menolong komandannya, sehingga dia menerima Medali Kehormatan Kongres atas kepahlawanannya.

Saat penyembuhan dari tembakan peluru yang bersarang di bokongnya, ia menemukan kemampuan terpendamnya dalam pingpong. Ia pun menjadi atlet tenis meja yang terkenal dan membawa negaranya ke ajang internasional dalam sebuah pertandingan melawan tim Cina. Dalam sebuah demonstrasi anti perang di Washington, DC, ia bertemu dengan Jenny, yang telah bergaya hidup hippie. Forrest Gump dewasa menghabiskan waktunya untuk melakukan pencarian teman kecil perempuannya yang hilang. Ia mengeluarkan uang tabungannya untuk membeli kapal penangkap udang seperti yang dijanjikannya pada Bubba. Pada awalnya, usahanya selalu gagal tapi dengan kerja keras dan pantang menyerah, dan dibantu oleh komandannya yang telah pensiun karena cacat, ia pun menjadi seorang yang sukses dan mampu untuk membiayai keluarga Bubba.

Suatu hari, Jenny kembali dan menemui Forrest, yang kemudian melamarnya. Jenny menolak, tetapi merasa harus membuktikan cintanya kepada Forrest dengan tidur bersamanya. Jenny kemudian pergi pagi-pagi benar. Tanpa berpikir panjang, Forrest memilih untuk melakukan perjalanan. Mungkin secara impulsif, ia memutuskan untuk berlari mengelilingi Amerika Serikat, selama lebih dari tiga setengah tahun, dan menjadi terkenal. Sekembalinya di kemudian hari, ia mendapatkan surat dari Jenny, yang melihatnya sedang berlari di televisi, memintanya untuk datang. Setelah bertemu, Forrest menyadari bahwa Jenny telah memiliki seorang anak laki-laki, yang adalah anak mereka berdua. Jenny memberitahu Forrest bahwa Jenny sedang sakit karena virus. Ketiganya kemudian kembali ke Greenbow, Alabama. Jenny dan Forrest akhirnya menikah, tetapi tak lama kemudian Jenny meninggal dunia.


3. A Beautiful Mind 


Film A Beautiful Mind mengisahkan seorang matematikawan John Nash (Russel Crowe) peraih nobel dalam bidang ilmu ekonomi pada tahun 1994. Dia adalah seorang matematikawan jenius tapi tak simpatik dan agak apatis. Dimulai tahun 1947 ketika dia bersekolah di perguruan tinggi Princeton dengan mendapat beasiswa Carniege. John Nash merupakan mahasiswa yang unik, ia tidak menyukai perkuliahan dan suka membolos, karena menurutnya berkuliah hanya membuang waktu saja dan mengekang kreativitas seseorang, dan hanya membuat otak menjadi tumpul. Nash lebih suka belajar secara otodidak, memahami dan memecahkan dinamika pergerakan natural melalui pemikirannya sendiri yang sangat kreatif. Nash lebih banyak meluangkan waktu di luar kelas demi mendapatkan ide orisinil untuk meraih gelar doktornya. Akhirnya dia berhasil diterima di pusat penelitian bergengsi, Wheeler Defense Lab di MIT.

Di lain sisi Nash mengidap penyakit gangguan jiwa skizofrenia yaitu suatu gangguan jiwa dimana penderitanya tidak bisa membedakan antara halusinasi dan kenyataan. Sebenarnya penyakitnya tersebut sudah dideritanya sejak dia berada di Princeton, namun semakin parah ketika ia mengajar di MIT. Hidup Nash mulai berubah ketika ia diminta Pentagon memecahkan kode rahasia yang dikirim tentara Sovyet. Di sana, ia bertemu agen rahasia William Parcher. Dari agen rahasia tersebut, ia diberi pekerjaan sebagai mata-mata. Pekerjaan barunya ini membuat Nash terobsesi sampai ia lupa waktu dan hidup di dunianya sendiri.


4. The King's Speech 


Prince Albert (Colin Firth) memang tak pernah berharap menjadi raja Inggris. Ia tahu benar keterbatasan yang ia miliki. Tak mungkin ia memimpin sebuah negara sebesar Inggris sementara berbicara di depan umum saja sudah jadi perjuangan berat buatnya. Celakanya takdir berkata lain dan Albert harus segera naik tahta. Sepeninggal Raja George V (Michael Gambon), Prince Edward (Guy Pearce) yang seharusnya naik tahta namun karena Edward lebih memilih melepas tahta dan menikahi Wallis Simpson (Eve Best), tak ada pilihan lain buat Albert selain mengambil alih tampuk kekuasaan. Albert tahu kalau ini bukan urusan mudah, apalagi Perang Dunia II sudah di depan pintu. Ia harus mampu mengatasi kekurangannya.

Untungnya, Elizabeth (Helena Bonham Carter), tak pernah menyerah. Setelah mencoba beberapa dokter untuk menyembuhkan gagap yang diderita Albert, Elizabeth lantas mencoba metode yang lebih tak lazim. Ia meminta Lionel Logue (Geoffrey Rush), seorang terapis dengan metode aneh, untuk menyembuhkan suaminya. Dengan tekad yang kuat dan bimbingan dari Lionel, Albert akhirnya berhasil sembuh. Dari seorang pria gagap, Albert menjadi seorang raja yang mampu berpidato dan membakar semangat seluruh warga Inggris untuk menghadapi Perang Dunia II.


5.  The Persuit Of Happyness


Cerita film ini dimulai pada tahun 1981 di San Francisco, California. Linda dan Chris Gardner hidup di sebuah apartemen kecil bersama anak mereka yang berusia 5 tahun, Christopher. Chris adalah seorang salesman yang menghabiskan seluruh tabungan keluarga untuk membeli franchise untuk menjual scanner tulang (Bone Density Scanner) portable. Scanner ini memang mampu menghasilkan gambar lebih baik dari X-ray, tetapi kebanyakan dokter yang ditemui Chris beranggapan bahwa harganya terlalu mahal. Linda, istrinya, bekerja sebagai buruh di sebuah laundry. Keluarga kecil ini mulai terpecah ketika mereka menyadari bahwa mereka tak mampu membayar sewa rumah dan tagihan-tagihan yang semakin menumpuk. Keadaan diperparah oleh kebiasaan Chris yang memarkir mobilnya sembarangan. Karena tak mampu membayar surat tilang, mobil Chris akhirnya disita. Puncaknya, Linda pergi meninggalkan Chris dan pergi ke New York City. Awalnya ia hendak membawa serta Christopher, namun urung atas permintaan Chris.

Dalam keadaan putus asa, Chris tak sengaja berjumpa dengan seseorang yang membawa Ferari warna merah. Chris bertanya kepada orang itu, pekerjaan apa yang ia lakukan sehingga mampu membeli mobil mewah? Orang tersebut menjawab bahwa ia adalah seorang pialang saham. Sejak saat itu Chris memutuskan untuk berkarier sebagai pialang saham.

Chris menerima tawaran magang tanpa dibayar di sebuah perusahaan pialang Dean Witter Reynolds yang menjanjikan pekerjaan bagi peserta magang terbaik. Dalam masa magang yang tak dibayar itu, Chris mulai kehabisan uang. Akhirnya ia diusir dari rumah sewanya dan menjadi tuna wisma. Selama beberapa hari ia tidur di tempat-tempat umum, namun kemudian ia memutuskan untuk tidur di rumah singgah Glide Memorial Chruch. Karena keterbatasan tempat, mereka harus mengantri untuk mendapatkan kamar. Kadang mereka berhasil, kadang gagal dan terpaksa tidur diluar. Kemiskinan dan ke-tunawisma-an ini semakin mendorong tekad Chris untuk menjalankan tugas dengan giat dan mendapatkan pekerjaan di Dean Witter Reynolds.

Di akhir cerita, Chris berhasil menjadi peserta terbaik dan diterima bekerja di sana. Beberapa tahun kemudian, ia mendirikan perusahaan pialang sendiri, Gardner Rich. Pada tahun 2006, ia menjual sebagian kecil sahamnya dan berhasil mendapatkan jutaan dolar dari penjualan itu.


6. Erin Brockovich 


Erin Brockovich (Julia Roberts) adalah ibu tunggal menganggur dari tiga anak yang, setelah kalah gugatan cedera pribadi terhadap dokter dalam kecelakaan mobil dia di, meminta pengacaranya, Edward L. Masry (Albert Finney), jika ia dapat menemukannya pekerjaan sebagai kompensasi untuk kerugian. Ed memberikan pekerjaannya sebagai juru arsip di kantornya, dan dia berjalan di beberapa file secara pro bono kasus yang melibatkan catatan medis dalam file real-estate dan PG & E menawarkan untuk membeli rumah Hinkley, California, warga Donna Jensen.

Erin mulai menggali keterangan dari kasus ini, yakin bahwa fakta-fakta hanya tidak menambah, dan membujuk Ed untuk memungkinkan penelitian lebih lanjut. Setelah penyelidikan, ia menemukan sebuah sistematis menutup-nutupi dari keracunan industri (hexavalent chromium) dari kota pasokan air Hinkley yang mengancam kesehatan seluruh masyarakat. Dia menemukan bahwa PG & E bertanggung jawab atas penyakit yang luas bahwa penduduk Hinkley telah didiagnosa dengan dan perkelahian untuk membawa perusahaan ke pengadilan.

Erin bertemu seorang pria misterius di sebuah bar yang mengklaim bahwa ia bertugas menghancurkan dokumen yang ada di PG & E, namun menolak untuk melakukannya setelah melihat kondisi medis mengganggu para pekerja yang bekerja di tambak tak bergaris. Erin menemukan sebuah dokumen 1966 yang mengikat percakapan seorang eksekutif perusahaan di San Francisco PG & markas E ke stasiun Hinkley yang terbukti kantor pusat perusahaan tahu air itu terkontaminasi dan tidak melakukan apa-apa tentang hal itu dan menyarankan stasiun Hinkley untuk tetap menjadi rahasia dari lingkungan. Bukti diperiksa oleh hakim tanpa juri dan PG & E diperintahkan untuk membayar jumlah penyelesaian $ 333.000.000 yang dibagi di antara 648 penggugat.


7. 127 Hours 



Hanya kemauan untuk hidup yang sangat tinggi yang membuat Aron Ralston (James Franco) berhasil menyelamatkan dirinya dari ganasnya alam. Meski terpaksa harus kehilangan satu tangannya, Aron tak pernah menyerah. Meski ia harus mendaki tebing tinggi dan berjalan bermil-mil, itu tak membuat Aron mundur. Di saat-saat tanpa kepastian ini, hanya refleksi masa lalu yang membayang di mata Aron.Karena sebuah kecelakaan, Aron terjebak di sebuah ngarai di Utah. Dalam keadaan terluka, Aron hampir menyerah. Tak ada harapan untuk selamat. Pada saat orang-orang sadar kalau Aron hilang, semuanya bakal terlambat. Kalau Aron ingin hidup, satu-satunya cara adalah dengan menyelamatkan dirinya sendiri.

Dengan tangan yang terluka dan hampir membusuk, Aron tak punya pilihan selain harus mengamputasi tangannya sendiri. Dengan segala keberanian, Aron lantas mendaki tebing setinggi 65 kaki dan berjalan sejauh delapan mil sebelum ia akhirnya terselamatkan. Selama perjalanan, yang ada di benak Aron adalah teman-teman, kekasih, keluarga, dan dua orang pendaki yang sempat ia jumpai sebelum kecelakaan.





Referensi: