SEMINAR PUSAT STUDI INTERAKSI MANUSIA DAN TEKNOLOGI
“Perspektif terhadap Interaksi
Manusia dan Teknologi dalam Menghadapi Era Globalisasi”
Selasa, 26 Maret 2013
UNIVERSITAS GUNADARMA
Seminar Ilmiah dengan Narasumber I : Prof. Anang Zaini
Gani,MSIE
dengan topic bahasan mengenai Interaksi Manusia dan
Teknologi
Interaksi Manusia vs Teknologi
1. Masyarakat
pertanian menemukan “pacul”.
2. Masyarakat
industry menemeukan alat bantu otot.
3. Masyarakat
Informasi menemukan alat bantu otak.
Enam senjata gelap Globalisasi
- Demonstrasi
- Lingkungan
- Lingkungan
- HAM ( Hak
Asasi Manusia)
- Standarisasi
- Standarisasi
- HAKI (Hak
Kekayaan Intelektual)
- Risk country
- Risk country
Komitmen Indonesia adalah :
1. WTO yang
teriri dari lima sector.
2. ASEAN yang
terdiri dari tujuh sector.
3. APEC yang
terdiri dari enam sector.
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang
– barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
DAMPAK IPTEK
1.
Efektivitas
2. Kecepatan
2. Kecepatan
3. Efisiensi
4. Waktu
4. Waktu
5. Nilai
tambah
6. Mutu
6. Mutu
7. Murah
8. Mudah
8. Mudah
9. Peluang
10. Ancaman
10. Ancaman
Kunci Keberhasilan dalam Era Bru
1.
Versatility
2. Focus
2. Focus
3. Vision
4. Creativity
4. Creativity
5. Patience
6. Sensitive
6. Sensitive
Teknologi dan unsur –
unsurnya
1. Techoware
2. Organware
2. Organware
3. Humanware
4. Infoware
4. Infoware
KONKLUSI
1.ketergantungan Indonesia terhadap luar negeri.
2. Seberapa jauh peranan interaksi manusia dan teknologi :
- nilai – nilai dan perilaku
- masyarakat dan individu
- ekonomi industri
- ketahanan social
Seminar Ilmiah dengan Narasumber II : Dr. adang Suhendra
dengan topic bahasan mengenai Pemanfaatan Teknologi Virtual
Reality
Technologies of Virtual Reality
- Binocular
omni-orientation monitor.
- Cave
automatic virtual environment.
- Head mounted display.
- Data glove
and motion capture.
- Control
devais.
- Toolkits
and authoring system.
- Virtual
reality modeling language.
What is virtual reality ?
Virtual reality refers to a high-end user interface that
involves real-time simulation and interactions through multiple sensorial
channels.
Why Virtual reality ?
Virtual
reality is able to immerse you in a computer-generated world of your own making
: a room, a city, the interior of human body etc. virtual reality explore any
uncharted territory of the human imagination.
Types of virtual reality system
1. Windows on
2. Immersive
virtual reality
3. Telepresence
4. Mixed reality
5. Distributed
virtual reality
Architecture of virtual reality system
Input processor, simulation processor, rendering processor
and world database.
Components of virtual reality system
1. Input
processor
2. Simulation
processor
3. World database
Applications
1. Entertainment
- More vivid
- More
exiting
- More
attractive
2. Medicine
3. Manufacturing
4. Education and
training
5. Ergonomic
Current problems
1. Cyber sickness
2. Low fidelity
3. Expensive
4. Lack of
integration between application packages
Future
1. High-fidelity
system
2. Cost saving
3. Collaborative
4. High level
contact between participant in distributed virtual reality.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar