Sabtu, 06 April 2013

PERSPEKTIF TERHADAP INTERAKSI MANUSIA DAN TEKNOLOGI DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI



SEMINAR PUSAT STUDI INTERAKSI MANUSIA DAN TEKNOLOGI
“Perspektif terhadap Interaksi Manusia dan Teknologi dalam Menghadapi Era Globalisasi”
Selasa, 26 Maret 2013
UNIVERSITAS GUNADARMA



Seminar Ilmiah dengan Narasumber I : Prof. Anang Zaini Gani,MSIE
dengan topic bahasan mengenai Interaksi Manusia dan Teknologi

Interaksi Manusia vs Teknologi
1.      Masyarakat pertanian menemukan “pacul”.
2.      Masyarakat industry menemeukan alat bantu otot.
3.      Masyarakat Informasi menemukan alat bantu otak.

Enam senjata gelap Globalisasi
-       Demonstrasi                                                          
-       Lingkungan
-       HAM ( Hak Asasi Manusia)                                 
-       Standarisasi
-       HAKI (Hak Kekayaan Intelektual)                      
-       Risk country

Komitmen Indonesia adalah :
1.      WTO yang teriri dari lima sector.
2.      ASEAN yang terdiri dari tujuh sector.
3.      APEC yang terdiri dari enam sector.

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang – barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

DAMPAK IPTEK
1.      Efektivitas                                       
2.      Kecepatan
3.      Efisiensi                                           
4.      Waktu
5.      Nilai tambah                                
6.      Mutu
7.      Murah                                                         
8.      Mudah
9.      Peluang                                          
10.   Ancaman

Kunci Keberhasilan dalam Era Bru
1.      Versatility                                          
2.      Focus
3.      Vision                                              
4.      Creativity
5.      Patience                                            
6.      Sensitive

Teknologi dan unsur  – unsurnya
1.      Techoware                                    
2.      Organware
3.      Humanware                                   
4.      Infoware

KONKLUSI
1.ketergantungan Indonesia terhadap luar negeri.
2. Seberapa jauh peranan interaksi manusia dan teknologi :
- nilai – nilai dan perilaku
- masyarakat dan individu
- ekonomi industri
- ketahanan social

Seminar Ilmiah dengan Narasumber II : Dr. adang Suhendra
dengan topic bahasan mengenai Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality

Technologies of Virtual Reality
-          Binocular omni-orientation monitor.
-          Cave automatic virtual environment.
-          Head mounted display.
-          Data glove and motion capture.
-          Control devais.
-          Toolkits and authoring system.
-          Virtual reality modeling language.

What is virtual reality ?
Virtual reality refers to a high-end user interface that involves real-time simulation and interactions through multiple sensorial channels.

Why Virtual reality ?
            Virtual reality is able to immerse you in a computer-generated world of your own making : a room, a city, the interior of human body etc. virtual reality explore any uncharted territory of the human imagination.

Types of virtual reality system
1.      Windows on
2.      Immersive virtual reality
3.      Telepresence
4.      Mixed reality
5.      Distributed virtual reality

Architecture of virtual reality system
Input processor, simulation processor, rendering processor and world database.

Components of virtual reality system
1.      Input processor
2.      Simulation processor
3.      World database

Applications
1.      Entertainment
-          More vivid
-          More exiting
-          More attractive
2.      Medicine
3.      Manufacturing
4.      Education and training
5.      Ergonomic

Current problems
1.      Cyber sickness
2.      Low fidelity
3.      Expensive
4.      Lack of integration between application packages

Future
1.      High-fidelity system
2.      Cost saving
3.      Collaborative
4.      High level contact between participant in distributed virtual reality.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar