PENGERTIAN PERUBAHAN DAN
PENGEMBANGAN ORGANISASI
DEFINISI PERUBAHAN
MENURUT PARA AHLI:
§
NENI NURMAYANTI
HUSANAH
Perubahan
merupakan sesuatu yang
unik karena perubahan-perubahan yang terjadi
dalam berbagai kehidupan
itu berbeda-beda dan
tidak bias disamakan, walaupun memmiliki
beberapa persamaan dalam
prosesnya.
§
BRIAN CLEGG
Perubahan
merupakan suatu kekuatan
yang sangat hebat,
yang dapat memotivasi atau
mendemotivasi.
§
A.B SUSANTO
Perubahan adalah keniscayaan
yang menyertai kehidupan,
dapat terjadi dimana saja, kapan
saja, dan menimpa
siapa saja.
§
VINCENT GASPERS
Perubahan adalah bagian
terbesar dari kenyataan
bisnis.
§
JANE FLAGELLO
Perubahan adalah pertumbuhan,
perubahan adalah kesempatan,
dan perubahan adalah peningkatan
potensi.
DEFINISI PERKEMBANGAN MENURUT PARA AHLI:
Perkembangan
merupakan serangkaian perubahan
progresif yang terjadi
sebagai akibat dari proses
kematangan dan pengalaman
dan terdiri atas
serangkaian perubahan yang
bersifat kualitatif dan kuantitatif ( E.B. Harlock ). Dimaksudkan
bahwa perkembangan merupakan proses perubahan individu yang
terjadi dari kematangan
(kemampuan seseorang sesuai
usia normal) dan pengalaman yang
merupakan interaksi antara
individu dengan lingkungan
sekitar yang menyebabkan perubahan
kualitatif dan kuantitatif
( dapat diukur) yang menyebabkan
perubahan pada diri
individu tersebut.
Perkembangan
mengandung makna adanya
pemunculan sifat-sifat yang
baru, yang berbeda dari
sebelumnya ( Kasiram, 1983 :
23), menandung arti
bahwa perkembangan merupakan peubahan sifat
individu menuju kesempurnaan
yang merupakan penyempurnaan
dari sifat-sifat sebelumnya.
LANGKAH-LANGKAH PERUBAHAN
ORGANISASI
Proses perubahan adalah Langkah-langkah untuk mencapai
tercapainya perubahan dalam organisasi. Langkah langkah yang mencakup didalam
nya adalah :
a. Mengadakan pengkajian.
Tidak dapat di pungkiri, bahwa setiap organisasi tidak dapat
menghindar dari pengaruh berbagai perubahan dalam luar lingkup tubuh
organisasi.
b. Mengadakan identifikasi.
Yang perlu diidentifikasi adalah dampak perubahan yang
terjadi dalam organisasi. Setiap factor yang dapat menjadikan perubahan
organisasi harus di teliti, sehingga permasalahan yang mungkin timbul dapat di
selesaikan.
c. Menetapkan perubahan.
Sebelum langkah-langkah perubahan di ambil, pimpinan
organisasi harus sangat yakin bila perubahan memang di butuhkan, baik dalam
meningkatkan kemampuan organisasimaupun dalam langkah mempertahankan
perkembangan dan existensi organisasi.
d. Melakukan evaluasi.
Untuk mengetahui kemungkinan dampak dari perubahan tersebut.
PERENCANAAN STRATEGI
PENGEMBANGAN ORGANISASI
Semua kegiatan perencanaan pada dasarnya melalui 4 tahapan
berikut ini.
Tahap 1 : Menetapkan tujuan
atau serangkaian tujuan
Perencanaan dimulai dengankeputusan-keputusan tentang
keinginan atau kebutuhan organisasi atau kelompok kerja.Tanpa rumusan tujuan
yang jelas, organisasi akan menggunakan sumber daya sumberdayanya secara tidak
efektif.
Tahap 2 : merumuskan keadaan
saat ini
Pemahaman akan posisi perusahaansekarang dari tujuan yang
hendak di capai atau sumber daya-sumber daya yang tersediauntuk pencapaian
tujuan adalah sangat penting, karena tujuan dan rencana menyangkutwaktu yang
akan datang. Hanya setelah keadaan perusahaan saat ini dianalisa, rencanadapat
dirumuskan untuk menggambarkan rencana kegiatan lebih lanjut. Tahap kedua
inimemerlukan informasi-terutama keuangan dan data statistik yang didapat
melaluikomunikasi dalam organisasi.
Tahap 3 : mengidentifikasi
segala kemudahan dan hambatan
Segala kekuatan dankelemahan serta kemudahan dan hambatan
perlu diidentifikasikan untuk mengukurkemampuan organisasi dalam mencapai
tujuan. Oleh karena itu perlu diketahui faktor-faktor lingkungan intren dan
ekstern yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya,atau yang mungkin
menimbulkan masalah. Walau pun sulit dilakukan, antisipasi keadaan,masalah, dan
kesempatan serta ancaman yang mungkin terjadi di waktu mendatang adalahbagian
esensi dari proses perencanaan.
Tahap 4 : mengembangkan
rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaiantujuan
Tahap terakhir dalam proses perncanaan meliputi
pengembangaan berbagai alternatif kegiatan untuk pencapaian tujuan, penilaian
alternatif-alternatif tersebut danpemilihan alternatif terbaik (paling
memuaskan) diantara berbagai alternatif yang ada.
IMPLIKASI MANAJERIAL
Sebab yang terjadi karena adanya perubahan dan pengembangan
organisasi adalah sebuah organisasi tersebut akan mengalami peningkatan baik
dalam kinerja maupun hal lainnya, organisasi tersebut juga tidak akan diam di
dalam suatu posisi melainkan terus berkembang semakin hari.
REFERENSI:
http://carapedia.com/pengertian_definisi_perubahan_info2189.html
http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/25/definisi-perkembangan/
http://davidsupernatanailg.blogspot.com/2013/01/tugas-kuliah-perubahan-dan-perkembangan.html
http://kodokoala.blogspot.com/2012/10/proses-perencanaan-penetapan-tujuan-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar